Saturday, July 13, 2024
HomePolitik PemerintahanSurvei Indikator Masih Tetapkan Prabowo-Gibran Unggul, Didukung Mayoritas ‘Wong Cilik’

Survei Indikator Masih Tetapkan Prabowo-Gibran Unggul, Didukung Mayoritas ‘Wong Cilik’

kilasmetro.com | JAKARTA – Hasil survei terbaru dari Lembaga Indikator Politik Indonesia kembali menempatkan pasangan calon Capres-Cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di urutan teratas mengungguli dua pesaingnya, Ganjar-Mahfud dan Anies-Cak Imin pada Pilpres 2024.

Dalam survei tersebut, responden diberikan pertanyaan : Jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih di antara pasangan nama berikut?.

Menariknya, berdasarkan data survei Indikator Politik Indonesia yang dipaparkan pada Sabtu (9/12/2023) mengungkap, pemilih terbesar Prabowo-Gibran datang dari kalangan masyarakat bawah atau wong cilik. Yakni mereka yang hanya tamatan SMP dan SMA yang sebagian besar masyarakat kaki lima. Juga hasil survei dari Indikator Politik Indonesia mencatat pemilih dari kalangan terdidik lebih condong mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor 1, Anies-Cak Imin.

Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengatakan pemilih pasangan Anies-Cak Imin dari kalangan pendidikan tinggi mencapai 41,3 persen. Sementara di posisi kedua ada pasangan nomor 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming yang mendapatkan angka sebesar 40,7 persen.

“Untuk kalangan warga pendidikan tinggi, yang kuliahan atau bahkan sudah lulus S3, suara Pak Prabowo sedikit di bawah Mas Anies,” jelas Burhanuddin.

Sedangkan pasangan nomor 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD berada di posisi buncit. Perolehan angkanya kalah jauh dari dua pasangan lain yakni 12,3 persen.

“Jadi pemilih Mas Anies lebih terdidik, sementara pemilih Mas Ganjar-Mahfud relatif kurang dari kalangan terdidik,” ujar Burhanuddin dalam paparannya, Sabtu (9/12/2023).

Dari survei yang diambil berdasarkan status demografi tersebut, paslon Prabowo-Gibran masih unggul pada mayoritas kategori lain, seperti pemilih dengan status pendidikan rendah atau SLTP. Prabowo mendapatkan perolehan angka sebesar 45,9 persen dari pemilih dengan status pendidikan rendah, disusul Ganjar-Mahfud dengan 30,5 persen, sementara Anies-Cak Imin cenderung rendah dengan 16,7 persen.

“Dari kalangan yang pendidikan rendah, atau SLTP ke bawah, Prabowo keunggulannya tajam, dan Mas Anies kurang di situ,” ujar Burhanuddin.

Kemudian, kata Burhanuddin, Prabowo-Gibran juga unggul jauh, terutama di kalangan kelompok etnik selain Betawi, Minangkabau, non-Muslim, serta wilayah Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Bali. Hal yang sama juga terjadi untuk kalangan pemilih organisasi masyarakat Islam terbesar yakni NU dan Muhammadiyah yang lebih condong ke arah Prabowo.

“Warga NU-Muhammadiyah, dan ormas Islam lainnya, hari ini lebih banyak yang memilih Pak Prabowo,” pungkasnya.(ara/ist)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments