Saturday, July 13, 2024
HomePeristiwaNasionalPMI Kabupaten Pekalongan dan Tim Gabungan Padamkan Kebakaran Home Industri Batik di...

PMI Kabupaten Pekalongan dan Tim Gabungan Padamkan Kebakaran Home Industri Batik di Desa Waru Lor

kilasmetro.com | PEKALONGAN – Kebakaran hebat melanda home industri batik milik Bapak Zainal Abidin (50 tahun) di Desa Waru Lor, Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan pada pukul 08.58 WIB. Kebakaran ini berhasil ditangani berkat kerja cepat dan koordinasi antara PMI Kabupaten Pekalongan dan tim gabungan yang terdiri dari pemadam kebakaran, polisi, dan relawan setempat.

Kebakaran dilaporkan terjadi di Jalan Pembatikan RT 02 RW 01, di mana api pertama kali terlihat di area produksi batik. Warga sekitar yang menyaksikan kejadian tersebut segera melaporkan ke pihak berwenang, yang kemudian langsung menurunkan tim untuk memadamkan api.

PMI Kabupaten Pekalongan bersama tim gabungan tiba di lokasi kejadian dalam waktu singkat dan langsung melakukan upaya pemadaman. Berkat kerja sama yang baik dan tindakan cepat dari semua pihak, api berhasil dipadamkan pukul 09.21 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, namun kerugian materi diperkirakan ratusan juta rupiah karena banyaknya bahan baku dan produk batik yang terbakar.

Penyebab kebakaran diduga karena merambatnya api dari kompor yang sedang memasak air ke tempat penyimpanan malam (lilin batik) yang diatasnya terdapat bahan bakar pertalite (untuk campuran malam).

“Kami mengapresiasi tindakan cepat dan koordinasi yang baik dari seluruh tim yang terlibat dalam penanganan kebakaran ini. Upaya bersama ini berhasil mencegah kerugian yang lebih besar dan menyelamatkan nyawa,” ujar Kepala PMI Kabupaten Pekalongan dalam pernyataannya.

Peristiwa ini menjadi pengingat penting bagi semua pihak untuk selalu waspada dan siap siaga terhadap potensi kebakaran, terutama di area yang padat dengan industri seperti Pekalongan. PMI Kabupaten Pekalongan juga menghimbau masyarakat untuk selalu mematuhi prosedur keamanan dan memiliki peralatan pemadam kebakaran yang memadai di setiap lokasi usaha.(rhd)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments