Saturday, July 13, 2024
HomePeristiwaNasionalPj. Ketua Dekranasda Jatim Bangga Kain Batik Tuban Diborong Ibu Negara

Pj. Ketua Dekranasda Jatim Bangga Kain Batik Tuban Diborong Ibu Negara

kilsmetro.com | SURAKARTA – Penjabat Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Timur Isye Adhy Karyono mengaku bangga terhadap produk kain batik khas Tuban yang ditampilkan Dekranasda Jatim.

Pasalnya, kain batik Tuban yang menjadi unggulan dalam kegiatan expo UMKM diborong Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ketua Dekranas Wury Ma’ruf Amin.

“Alhamdulillah Ibu Iriana, Ibu Selvi dan ibu Wury memborong batik Tuban karena memang secara motif bagus dan ada keunikan dari cara pembuatannya,” kata Isye setelah mengikuti Expo Pelaku UMKM di Lapangan Pamedan Mangkunegaran, Kamis (16/5).

Dikarenakan Batik Tuban memiliki keunikan dari sisi motif dan cara pembuatan, Isye memastikan batik Tuban dijadikan ikon saat hari Batik nasional Oktober mendatang.

Melihat produk Batik asal Jatim menjadi jujukan pejabat negara serta pengunjung lainnya, Isye mengajak seluruh pelaku UMKM di Jatim agar mau beradaptasi dan belajar. Sebab, kata dia, pelaku UMKM yang mau beradaptasi dan belajar akan menumbuhkan inovasi dan
kreativitas dalam upaya mengembangkan setiap produk.

“Tidak boleh cepat berpuas diri. Harus terus belajar sehingga produknya dapat menginspirasi sehingga kualitas dapat dipertahan dan mampu berdaya saing global,” tuturnya.

Setelah mengikuti serangkaian acara expo UMKM, Isye tidak sekadar meninjau stand dekranasda Jatim. Melainkan menyempatkan mampir ke beberapa stand Dekranasda, seperti DKI Jakarta, Jawa Barat dan Aceh.

Menurutnya, peninjauan ke beberapa stand-stand UMKM di luar provinsi di luar Jatim menampilkan produk khas lokal dari daerah masing-masing daerah sangat baik.

“Saya berharap kegiatan ini tidak sekadar mengenal tetapi semakin meningkatkan rasa cinta terhadap produk lokal yang tidak kalah keren dengan produk global dan terus berdaya saing,” tutupnya.(dms)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments