Friday, July 12, 2024
HomeAdvertorialJelang Musim Liburan, Ini yang Harus Kamu Perhatikan saat Cek Mobil agar...

Jelang Musim Liburan, Ini yang Harus Kamu Perhatikan saat Cek Mobil agar Perjalanan Nyaman

kilasmetro.com | JAKARTA – Musim liburan panjang sebentar lagi tiba. Karenanya, di awal bulan ini jadi waktu yang tepat untuk kamu mempersiapkan segala keperluan dengan matang agar nantinya momen liburan bersama keluarga jadi semakin menyenangkan dan sesuai rencana. Salah satu yang harus diperhatikan adalah kondisi kendaraan yang akan digunakan untuk menempuh perjalanan saat berlibur. Dengan memastikan kendaraan dalam kondisi optimal, kamu bisa mencegah potensi masalah teknis yang dapat mengganggu kenyamanan perjalanan. 

Untuk memastikan keamanan dan keselamatan seluruh anggota keluarga, ada baiknya kamu melakukan pemeriksaan kendaraan secara menyeluruh, apalagi jika akan digunakan untuk road trip atau perjalanan jauh. Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan meliputi :

  1. Kondisi dan Kelayakan Mesin untuk Memastikan Performa Kendaraan Optimal

Pastikan mesin berfungsi dengan baik dengan cek kondisi mesin secara menyeluruh. Komponen yang perlu dicek salah satunya adalah oli dengan melihat tingkat keenceran, besaran volume oli dengan bantuan dipstick oli. Periksa level oli ada pada sekitar pertengahan titik maksimum dan minimum.

2.            Kondisi Kelistrikan untuk Mendukung Kenyamanan Perjalanan 

Bagian kelistrikan menjadi hal penting yang harus dicek dan dirawat sedemikian rupa. Pasalnya, kondisi kelistrikan dapat memengaruhi kinerja komponen dan fitur kendaraan lain, mulai dari lampu, sistem entertainment, hingga sistem starter. Pentingnya kinerja kelistrikan yang prima membuat aki mobil perlu dicek, termasuk volume dari air aki.

3.            Kondisi Ban dan Rem untuk Menjamin Keselamatan Diri dan Keluarga

Musim liburan biasa dihabiskan dengan pergi ke luar kota. Nah, selama perjalanan jauh ini, rem mobil akan sering digunakan dan dapat mengalami aus berlebih karena beban kerja yang lebih berat. Karenanya, penting untuk cek kampas, rotor, hingga minyak rem dan melakukan penggantian bila diperlukan. Cek juga tekanan ban dengan mengacu pada panduan di sela pintu pengemudi. Pastikan ban masih jauh dari Tread Wear Indicator (TWI) yang tersedia pada beberapa jenis ban.

4.            Kondisi Kaki-kaki untuk Menjaga Pengalaman Berkendara

Saat melakukan perjalanan selama liburan, ada baiknya kita bersiap untuk menghadapi berbagai kondisi jalan. Pastikan juga komponen kaki-kaki lain tidak menimbulkan suara berlebih. Jika diperlukan, lakukan spooring and alignment agar roda dan kaki-kaki tetap aman dan nyaman untuk berkendara.

5.            Ketersediaan Perlengkapan Darurat untuk Mengantisipasi Situasi di Luar Dugaan

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan liburan, pastikan kamu menyimpan berbagai perlengkapan darurat di dalam kendaraan, baik untuk mengantisipasi kondisi tidak mengenakkan terhadap kendaraan maupun anggota keluarga. Beberapa perlengkapan darurat yang perlu tersedia di antaranya adalah segitiga pengaman, perangkat pemadam api, dan P3K.

Pentingnya Memilih Kendaraan dengan Fitur Keselamatan Terdepan

Selain persiapan fisik kendaraan seperti di atas, fitur keselamatan pada mobil juga berperan penting untuk menjaga keamanan keluarga. Tak heran jika berbagai produsen mobil menawarkan berbagai fitur keselamatan modern terbaik, termasuk Hyundai sebagai game-changer di industri otomotif. Salah satu mobil Hyundai dengan fitur canggih yang tidak bisa ditemui pada mobil lain adalah CRETA yang merupakan SUV terdepan di kelasnya.

Salah satu inovasi yang CRETA hadirkan adalah konektivitas dengan aplikasi Hyundai Bluelink. Dengan ini, pengguna bisa mendapatkan hasil diagnosis kondisi kendaraan sehingga kenyamanan saat berkendara akan selalu terjamin. Aplikasi Hyundai Bluelink bisa melakukan pengecekan terhadap sistem mobil CRETA kamu, seperti:

  • Manual & Automatic Diagnostic Report: mencegah berbagai hal yang tidak diinginkan dengan mengirimkan indikator jika ada temuan mencurigakan pada kendaraan.
  • Driving Information and Vehicle Health Report: mengetahui kebiasaan berkendara dan kondisi mobil lewat informasi seperti berapa kali mesin nyala, jarak tempuh, kecepatan maksimal, kecepatan rata-rata, kondisi sistem, dan lain-lain.
  • Vehicle Status Check/Notification: mengecek kondisi kendaraan seperti mesin menyala atau tidak, kondisi AC, pintu, kap mesin, tekanan angin, hingga indikator BBM.

Sebagai mobil dengan fitur keselamatan terdepan, CRETA sangat cocok untuk menemani perjalanan liburan bersama keluarga. Untuk lebih jelasnya, simak lima fitur keselamatan yang terdapat pada CRETA berikut ini:

  1. Airbag Penumpang

Hyundai CRETA memiliki 6-airbag system pada barisan depan di bagian kemudi mobil dan barisan belakang yang ada pada dashboard penumpang. Fitur ini didesain untuk mencegah cedera serius pada penumpang maupun pengemudi saat terjadi kecelakaan atau benturan. Airbag akan bekerja ketika sensor mendeteksi benturan pada mobil. Sensor bekerja cepat dalam hitungan detik dan airbag akan otomatis mengembang agar pengemudi atau penumpang di depan tak membentur bagian keras pada panel mobil.

2.            Child Lock

Child Lock atau Child Safety Lock berguna untuk menjaga keselamatan si kecil ketika berkendara. Saat fitur tersebut aktif, pintu mobil hanya bisa dibuka dari luar untuk menghindari potensi si kecil tak sengaja membuka pintu mobil dari dalam, khususnya saat mobil sedang berjalan. Jadi, saat kamu membawa anak dalam perjalanan, kamu bisa lebih merasa tenang dan aman akan keselamatan si kecil.

3.            Anti-Lock Brake System

Anti-lock Brake System berfungsi untuk menjaga kendaraan mobil agar tidak selip ketika melakukan pengereman secara mendadak di jalanan yang licin atau basah yang dapat menunjang keselamatan dalam berkendara. Fitur tersebut dilengkapi sensor yang mampu membaca kecepatan ban mobil. Sensor ini akan memberi sinyal ke Anti-lock Brake System  ketika terjadi pengereman secara mendadak.

4.            Brake Assist (BA)

Brake Assist dirancang untuk melindungi pengguna agar terhindar dari kecelakaan dengan membantu pengemudi berhenti secara cepat dalam keadaan darurat. Fitur ini akan otomatis menambah tenaga dalam proses pengereman, jadi mobil bisa berhenti sempurna walau pengemudi hanya menginjak rem sedikit. Brake Assist bekerja dengan membaca sensor kaki yang melepas gas secara mendadak dan pindah ke rem. Dengan fitur ini, pengendara bisa terhindar dari kecelakaan ketika terjadi bahaya, seperti mobil di depan mengerem mendadak dan orang atau binatang yang melintas secara tiba-tiba.

5.            Engine Check Warning

Engine Check Warning bisa dilihat lewat logo mesin pada bagian panel meter mobil. Fitur ini berguna untuk memberikan peringatan kepada pengemudi ketika mesin atau bagian kelistrikan terjadi masalah. Saat logo mesin menyala, kemungkinan terdapat kerusakan pada mesin sehingga mobil perlu menuju bengkel resmi karena bagian kelistrikan hanya dapat dicek dengan alat yang tersedia pada bengkel resmi. Fitur ini pun dapat mencegah terjadinya kecelakaan yang bisa terjadi karena ada anomali pada mobil.

Itulah sederet fitur keselamatan yang dimiliki Hyundai CRETA. Menarik, bukan? Jadi, dengan CRETA, kamu tidak perlu khawatir dalam berkendara berkat fitur keselamatan terdepan yang meningkatkan keamanan dalam perjalanan.(adv)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments